Mengungkap Penguras Energi tak Terduga

Semua orang pernah merasa tak punya tenaga atau lesu pada saat tertentu. Kurang tidur di malam hari, banyak makanan berlemak. Tapi, jika anda terus menerus merasa tak punya tenaga atau energi, kemungkinan waktunya untuk menelusuri apa penyebabnya. Periksa penguras energi berikut ini dan perhatikan apakah sesuai untuk kondisi anda.

  • GULA

Gula memberikan energi cepat tapi sesudah itu, cepat turun lagi dan membuat anda mencari lebih. Salah satu cara untuk mengurangi gula adalah menyiapkan makanan tepat sehingga anda tidak langsung membeli makanan manis, saran ahli gizi Pamela Smith, RD, dalam bukunya The Energy Edge. Ia misalnya, selalu membawa snack sehat dan menyarankan untuk memilih snack yang mengandung paling sedikit 1 sampai 2 ons protein untuk menjaga kadar gula darah stabil selama beberapa jam, ditambah dengan karbohidrat kompleks untuk memberikan lonjakan cepat energi.

  • KAFEIN

Kafein juga dapat membuat kita lelah dan lemas. Jika kita perlu tidur tapi pilih kafein, kita terus melemparkan siklus tidur alamiah kita. Jik aanda merasa mengkonsumsi terlalu banyak kafein, apakah dari kopi, teh, cola, atau bahkan dari cokelat sehingga membuat anda sulit tidur pulas di malam hari, saatnya untuk beralih ke minuman decaffeinated dan mengurangi cokelat, saran Joyce A. Walsleben, PhD., dalam bukunya A Woman’s Guide to Sleep: Guaranteed Solutions for a Good Night’s Rest.

  • DEHIDRASI

Kebanyakan orang tidak minum kecukupan air. Kita perlu air untuk mengeluarkan toksin, menjaga jaringan-jaringan tetap lembap, mempertahankan energi. Air adalah minuman tanpa kalori yang sempurna. Dapat diberi tambahan air jeruk atau mint. Jika ingin alternatif lain, boba jus buah 100% (kandatipun tidak selalu rendah kalori, jus buah mengandung nutrien-nutrien penting); susu nonfat, yang memberi peningkatan kalsium; teh yang tidak dimaniskan; air soda dengan diberi jus atau irisan buah, atau kopi dengan susu skim dan pemanis rendah kalori.

  • TERLALU BANYAK ATAU TERLALU SEDIKIT OLAHRAGA

Ada dua hal yang mengurangi energi dalam hal fitnes. Yang pertama adalah, karena tidak olahraga. Olahraga memberikan kita energi fisik, mental, dan emosianal. Tanpa olahraga kita secara alamiah menjadi lamban.

Olahraga juga membangkitkan semangat dengan meningkatkan pelepasan endorphins, sejenis zat kimia rasa senang yang meningkatkan kadar energi. Disisi lain, terlalu banyak olahraga juga bisa menimbulkan masalah. Olaraga berlebihan menguras cadangan energi, merusak otot, dan akhirnya membuat kita lebih lemah, bukan lebih kuat. Olahraga secara berlebihan juga menekan sistem imun, yang lalu menurunkan daya tahan terhadap serangan bakteri dan virus. Kita jadi lebih mudah sakit dan sebagai akibatnya, juga menguras energi.

  • KURANG TIDUR

Kurang tidur juga bisa mengakibatkan kondisi tubuh tidak fit. Terus menerus tak bisa tidur bisa disebabkan beberapa hal, antara lain:

· Stress

· Penyakit

· Suara

· Cahaya

· Jadwal terlalu padat

· Kafein

· Alkohol

· Obat stimulan seperti pil diet, obat alergi dna obat asma

· Depresi

· Marah

· Takut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: