Meningkatkan Kekuatan Otak

Anda mungkin lupa dengan nama seseorang, lupa taruh kunci dimana, atau lupa mau mengatakan apa dan risau, jangan-jangan anda menderita Alzheimer. Para ahli memang belum menemukan cara mencegah Alzheimer, tapi menemukna banyak cara untuk mencegah kesalahan mental yang kita alami. Ahanya dengan melakukan beberapa perubahan seperti makna ikan atau merapikan rumah, dapat mendatangkan hasil besara. Berikut, strategi baru menjaga ingatan tetap tajam.

  • Periksa Pendengaran

Jika anda bermasalah dengan pendengaran, ingatan anda kemungkinan juga menderita. Riset Brendeis University menunjukkan, orang-orang yang kehilangan pendengaran kadang mengerahkan begitu banyak upaya untuk memahami apa yang dikatakan sehingga mereka tak bisa mengingat sesudah itu.

Periksakan pendengaran anda setiap 3 tahun sesudah mencapai umur 50. Untuk mencegah kehilangan pendengaran lebih lanjut, turunkan volume. Jika anda menggunakan MP3 player, pastikan tidak disetel lebih dari 80% maksimum, saran direktur diagnostic audiology di Children’s Hospital Boston.

  • Jaga BMI di bawah 25

Dalam tes ingatan, orang-orang dengan BMI sehat 20 mengingat rata-rata 9 dari 16 kata, sedangkan yang BMI-nya 30, atau ambang batas obesitas, hanya ingat 7 kata. Begitu menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Neurolog. Perbedaannya mungkin terkesan kecil, tapi para periset mengatakan, efek ini sudah cukup terasa. Jika BMI anda di atas 25, usahakan menurunkan berat badan 5% sampai 7% berat badan anda. Coba kurangi 250 kalori sehari dari diet anda dan bakar 250 kalori dengan olahraga.

  • Makan salad setiap hari

Dalam sebuah studi Rush University, orang-orang yang mengkonsumsi sekitar 3 saji sayuran setiap hari beresiko lebih rendah 40% mengalami penurunan kognitif dalam walktu 6 tahun dibanding yang tidak makan sayuran. Pencinta sayuran ini mempunyai mental yang sama dengan orang yang 5 tahun lebih muda. Sayuran daun hijau tampak mempunyai khasiat terkuat. Mungkin karena kandungan vitamin E tinggi, begitu menurut periset. Tambahkan bayam, almond atau biji bunga matahari yang kaya vitamin E untuk membuat campuran salad cerdas.

  • Pusatkan perhatian

Ketika usia bertambah tua, kita jadi kurang efisien dlam berpindah dari jenis informas sensori yang berbeda. Ketidakefisienan ini begitu besar sampai lingkungan yang mengganggu perhatian dapat menghambat pembentukan memori di dalam otak. Tapi sebuah studi terkini menjunjukkan cara mengatasinya. Para partisipan diminta memilih huruf tertentu di antara sejumlah banyak harus sambil mengabaikan suara berisik. Orang-orang yang sebelumnya mengikuti kursus pelatihan perhatian di ruang berisik mendapatkan skor yang lebih tinggi secara bermakna.

Matikan televisi atau radio dan arahkan fokus pada permainan kata-kata atau teka teki sudoku.

  • Makan ikan

Sebuah studi Norwegia menemukan, orang-orang berusia lebih tua yang makan ikan jenis apa saja paling sedikit sekali seminggu mengerjakan tes mental secara lebih baik dibanding yang tidak makan ikan. Para ahli masih memperkirakan, apakah asam lemak omega-3 atau komponen lain dari ikan yang paling bersahabat dengan otak. Makan 2 saji ikan setiap minggu. Jika anda bukan penggemar seafood, coba bereksperimen dengan jenis lembut rendah merkuri seperti tilapia, scallop, atau udang.

  • Periksa gula darah

Perempuan dengan kadar gula darah tinggi kronik beresiko lebih besar gannguan kognitif ringan atau dementia, kendati pun mereka tidak diabetik. Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak atau pembuluh darah. Periksa gula darah sekali setahun. Menurut American diabetic Association, gula darah puasa harus di bawah 100 mg/ dl. Coba jalan kaki 30 menit. Otot membakar glukosa untuk bahan bakar, yang lalu menstabilkan kadar gula darah. Makan 4 sampai 6 saji kecil makanan setiap hari. Ini juga membantu menjaga kadar gula darah stabil.

  • Pupuk disiplin diri dan tanggungjawab

Riset menemukan, orang-orang yang mendisiplin diri dan bertanggungjawab menunjukkan penurunan kognitif yang lebih rendah, simptom penyakit Alzheimer yang lebih sedikit. Kabar baiknya, kita dapat memupuk disipli diri dan rasa tanggungjawab. Luangkan waktu 20 menit untuk merapikan rumah.

  • Makan untuk menurunkan tekanan darah

Sebuah studi Columbia University di tahun 2007 menunjukkan, orang-orang dengan hipertensi berkemungkinan 40% lebih besar mengembangkan gangguan kognitif dibanding orang-orang yang tekanan darahnya dalam kisaran sehat. Otak secara alamiah mengecil ketika usia menua, tapi hipertensi mempercepat proses ini. Konsumsi paling sedikit 3 saji makanan kaya kalsium setiap hari. Riset menunjukkan, cara ini dapat menurunkan resiko mengembangkan hipertensi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: