Seekor gajah

“Seekor gajah yang diikat kakinya sejak kecil dengan seutas rantai sepanjang 4 meter, ketika dia dewasa tidak akan melangkah keluar dari area lingkaran 4 meter walaupun rantainya sudah diganti dengan seutas benang”.

Kata2 ini baru kali ini aq dengar, dengan satu kalimat aja tapi maknanya sangat dalam ya. Mungkin banyak orang yang bilang “namanya juga binatang”, tapi tanpa sadar sebenarnya kita yg dilahirkan sebagai manusia yang katanya punya pikiran tingkat tinggi, sebagian besar dari kita jg punya kehidupan seperti si gajah itu. Coba diingat2 de sebagian dari prilaku kita yg sama dengan gajah itu, pasti ada. Contoh yang paling dekat, dari kecil kita yang tinggal di Indonesia tercinta ini udah tbiasa setiap hari mengisi tank perut kita dengan nasi dan lauk pauknya, coba deh sehari aja si perut ni ga ketemu ama nasi, gimana rasanya..?

Kita cenderung terpaku pada adat dan kebiasaan yang selama ini mengelilingi dan membelenggu kita, dan tak mau melihat atau bahkan melirik saja sejenak pada hal2 diluar atmosfer/zona kita selama ini. Padahal ada banyak hal2 yang menarik dan mungkin akan menjadi sesuatu yang kita sukai kalau saja kita mau meluangkan waktu sejenak untuk mengexplore hidup dan kehidupan kita (tentu saja dengan maksud positive).

Ada lagi kata bijak yang berhubungan dengan ini, “Bila satu pintu tertutup, maka pintu2 yang lain akan terbuka lebar, namun seringkali kita masih saja menutup pintu yang tertutup itu”.

Itulah apa yang sering kita alami selama ini, saat kita gagal pada satu bidang, menyesal atau bahkan menangisi apa yg terjadi, hanya inilah yang selalu menjadi kebiasaan kita. Menerima, Introspeksi diri, Mencari hikmah, memperbaiki kesalahan, mencari solusi, mencari kesempatan lain, mengambil tindakan, etc, ini jauh lebih baik sebenarnnya….

Beginilah kalo menulis setengah2, ga tau arahnya kemana, kalo ada yang baca moga aja dia bisa nangkap pesan yang mo disampaikan…

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. stupid monkey
    Aug 20, 2008 @ 15:36:10

    mungkin gajahnya buta, nggak tahu kalo talinya sudah diganti benang.

    mungkin………

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: